Jumat, 10 April 2009

Super Compat Product

Super Compac Product

Perangkat buatan manusia yang saat ini dianggap sangat canggih adalah IC (Integrated Circuit) atau sering dikatakan sebagai Chip, sering pula disebut dengan Microchip.

Dalam dimensi fisik yang sangat kecil Chip dapat mewakili kinerja ribuan transistor. Dengan ditemukannya perangkat ini perkembangan peralatan elektronik canggih berikutnya sangat mungkin dikembangkan hingga manusia mengalami kemajuan yang pesat dan berujung ditemukannya teknologi digital ( Digital Tecnology )

Berbagai peralatan digital yang canggih bermunculan semisal digital camera, digital recorder, dan lainnya. Perangkat flashdisk yang dimensi ukurannya lebih kecil dari sebuah korek api gas mampu menyimpan data sebesar 1 gygabit lebih. Ini artinya sebuah flashdisk mampu memuat lebih dari 40.000 halaman buku. Perangkat handphone menjadi sedemikian kompak sehingga memiliki kemampuan menyimpan banyak data suara dan gambar serta melakukan komunikasi suara dan data dimaksud. Teknologi digital yang diekplorasi manusia memberikan hasil yang mengagumkan.

Dalam salah satu ayat Surat Al Baqoroh Allah menyatakan: “Sesungguhnya Allah tidak merasa malu menciptakan nyamuk atau yang lebih kecil darinya. Adapun orang – orang yang beriman tentu mengetahui yang demikian ini adalah haq…………...”

Nyamuk, atau tungau yang berbadan lebih kecil, memiliki dimensi ukuran kurang dari 1 milimeter kubik. Tetapi kemampuan yang dimilikinya amatlah besar. Dalam tubuhnya terdapat perangkat digital yang mampu merespon rangsangan internal dan eksternal. Ia juga mampu menterjemahkan kode – kode digital kedalam system mekanik dan lainnya.

Dalam tubuh tungau terdapat system metabolisme, motorik, reproduksi, deteksi terhadap lingkungan serta respon atas rangsangan yang diterimanya. Ketakjuban atas sebuah hasil teknologi yang demikian kompak tetapi sangat mini dalam hal dimensi fisik. Kinerja teknologinya sangat kompleks karena ia memiliki banyak system sehingga ia mampu untuk hidup, mempertahankan hidup dan menghasilkan generasi secara mandiri.

Belum, atau bahkan tidak akan, ada produk teknologi buatan manusia yang demikian kecil dimensinya akan tetapi memiliki kinerja otomatis dan mandiri yang sedemikian komplek. Peralatan digital buatan manusia bekerja dalam menerima, menyimpan dan menterjemahkan kode-kode digital dan sinyal elektrik. Untuk kemampuan tersebut perangkat digital harus disuplly energi dari luar dirinya, sehingga tidak dapat dikatakan mampu bekerja secara mandiri.

Perbandingan produk teknologi yang tidak imbang dan pemikiran na’if. Tetapi kena’ifan lebih besar adalah manakala diri menjadi lupa, muncul sifat takabur, ingkar dan pembangkangan terhadap Dzat Yang Maha Besar. Manusia seharusnya mau mengagungkan pencipta-Nya.

Cak Imron

Tulisan di atas telah memiliki hak terbit dari CSO ( Coffe Shop Oration ) Pengelola blog mengundang partisipasi segenap pengunjung. Syukur lagi jika dapat diwujudkan munculnya sebuah komunitas yang memiliki kesamaan visi dan misi. CSO sementara akan berjalan mengalir dan berharap hasil – hasil positif dapat dimunculkan. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

b

Pengikut

Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia